Apa Itu AntiVirus..?



Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Antivirus disebut juga perangkat lunak perlindungan virus. Program ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. Umumnya, perangkat lunak ini berjalan di latar belakang dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses (dibuka, dimodifikasi, atau ketika disimpan). Antivirus-antivirus terbaru sekarang tidak hanya mendeteksi virus. Program antivirus sekarang juga telah dilengkapi dengan kemampuan untuk mendeteksi perangkat pengintai, kit-akar, dan perangkat perusak lainnya. Tidak hanya itu, antivirus sekarang dilengkapi dengan firewall untuk melindungi komputer dari serangan peretas dan anti spam untuk mencegah masuknya email sampah dan/atau virus ke kotak masuk pengguna.

Jadi, Fungsi antivirus di komputer sangatlah besar dikarenakan jika komputer kita tidak ada sistem pertahanannya maka otomatis komputer kita akan mudah sekali terserang virus, fungsi disini adalah sebagai proteksi atau perlindungan dari yang namanya virus tentunya harus sering diupdate ya antivirus nya soalnya virus itu selalu muncul yang terbaru begitu juga antivirus juga ada yang terbaru juga. Selain mencaegah yang namanya virus, anti virus yang sekarang ini suda dilengkapi dengan web scanner maksudnya jika ada website di internet yang memang merugikan maka akan ada peringatan atau bisa dikatakan website itu berbahaya untuk anda soalnya biasanya mengandung malware, ada juga yang proteksi keyloger, apa itu keyloger?


Keyloger adalah sebuah virus yang mana fungsinya untuk mendapatkan data-data yang berharga dari komputer anda.


Antivirus berdasarkan penggunanya dibagi menjadi 2, yaitu pengguna rumah (home user) dan pengguna jaringan/perusahaan (network/corporate user. Untuk pengguna rumah, antivirus berjalan seperti biasa. Untuk versi jaringan, antivirus dapat melakukan pemindaian di komputer-komputer klien dan jaringan drive. Selain itu, proses pembaruan komputer klien dalam jaringan tidak harus langsung dari internet. Komputer klien dapat melakukan pembaruan langsung dari server jaringan.

Antivirus berdasarkan cara memperolehnya terbagi menjadi sebagai beikut:

  1. Antivirus gratis (free antivirus) : antivirus yang diperoleh secara gratis,
  2. Antivirus trial (trial antivirus)  : antivirus yang diperoleh secara gratis namun diberi batasan waktu,
  3. Antivirus donasi (donation antivirus) : antivirus yang diperoleh dengan harus mendonasi, dan
  4. Antivurs berbayar (paid antivirus) : antivirus yang diperoleh dengan cara membeli.


Responses

0 Respones to "Apa Itu AntiVirus..?"

Posting Komentar

 
Return to top of page Copyright © 2010 | Tejotech Converted into Blogger Template by HackTutors